Chroma Key

Kunci kroma adalah teknik untuk menggabungkan dua gambar atau frame, di mana sebuah warna (atau sedikit susunan warna) dari satu gambar dihilangkan (atau dibuat transparan), agar gambar lain yang ada di belakangnya dapat terlihat. Teknik ini juga dikenal dengan sebutan Color Keying, Layar Biru (Blue Screen) dan Layar Hijau (Green Screen).

Teknologi ini biasa digunakan untuk siaran berita cuaca, dimana presenternya terlihat berdiri di depan peta yang besar. Padahal syuting sebenarnya dilakukan di studio, dan presenter berdiri di depan latar belakang besar berwarna hijau (atau biru), kemudian peta cuaca ditambahkan ke gambar yang berwarna hijau tersebut. Jika pada saat syuting, presenter memakai baju berwarna hijau, maka bajunya akan ikut tergantikan dengan video peta besar yang ditampilkan sebagai background. Sistem ini berlaku juga untuk layar biru. Warna hijau dan biru pada layar digunakan dengan alasan warna-warna inilah yang paling tidak menyerupai warna kulit.

Teknologi ini juga digunakan di industri hiburan, untuk pembuatan film dan iklan. Contohnya adalah film Avatar (2010) garapan sutradara Hollywood, James Cameron. Di Indonesia, teknik layar hijau digunakan di iklan Mixagrip dan Tango Wafer Highland.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/

0 Response to "Chroma Key"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme